Breaking News
Loading...
Kamis, 26 Desember 2013

Deteksi Dini Dapat Cegah Diabetes

18.57
Deteksi Dini Dapat Cegah Diabetes - INTERNATIONAL Diabetes Federation (IDF) mengumumkan bahwa jumlah penderita diabetes diseluruh dunia meningkat mencapai 382 juta orang. Lantas, bagaimana kondisi diabetes di Indonesia? 



Menurut IDF, meskipun pengobatan diabetes telah lebih baik dalam beberapa dekade belakangan ini, masih ada jutaan orang yang meninggal akibat penyakit ini tiap tahunnya.

Sementara, Presiden Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), Profesor Sidartawan Soegondo mengatakan bahwa 8,5 juta orang di Indonesia terkena diabetes. Selain itu, dari 8,5 juta orang tersebut, 7 0 persen tidak tahu bahwa mereka mempunyai diabetes.

"Kita harus bertindak sekarang dengan mengenali faktor-faktor risiko diabetes, dan menyiapkan skrining untuk mendeteksi diabetes pada tahap awal,"ujarnya pada Monas Blue Light Celebration, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (14/11/2013).

Sementara itu, sebanyak 7 dari 10 orang yang mengidap diabetes di Indonesia berisiko terkena komplikasi, dan dapat mengakibatkan kematian sebelum waktunya. Tingginya glukosa darah dapat merusak mata, ginjal, syaraf, dan pembuluh darah besar, serta amputasi.

"Diabetes dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup sehat dan memperhatikan pola makan,"tandasnya. (Penyakit Diabetes)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer